Imperial Nymph's Thrill

Cara Mengunci (Lock) File/Folder Dengan Privilege Level

Posted on: November 19, 2008


Banyak cara bagi kita untuk mengunci (lock) file / folder, contohnya, dengan folder extension.. Seperti yang sudah dipaparkan di post sebelumnya..

Kali ini, akan saya paparkan cara lain untuk mengunci (lock) folder anda.. Cara ini, lebih aman dan lebih ampuh, bila dibandingkan dengan menggunakan folder extensions, namun, cara ini akan sedikit ribet, namun, hasilnya akan jauh lebih memuaskan daripada menggunakan folder extensions..

Privilege Level, adalah cara ampuhnya.. Sebenarnya, ini merupakan teknik permission yang sudah disediakan oleh Microsoft Windows, namun tak ada salahnya untuk dibahas kembali..

Privilege, seperti dikutip dari Glossary Windows XP, adalah..

A user’s right to perform a specific task, usually one that affects an entire computer system rather than a particular object. Privileges are assigned by administrators to individual users or groups of users as part of the security settings for the computer, atau, dengan kata lain, Hak User untuk melakukan sesuatu, biasanya yang mempengaruhi seluruh sistem komputer. Privilege(s) diberikan oleh Administrator kepada User Individual maupun User Group sebagai pengaturan keamanan di komputer tersebut.

Untuk cara ini, dibutuhkan satu syarat, yaitu, folder yang ingin anda lock, haruslah berada dalam Drive ber-tipe NTFS. Mengapa?

Sebab, Drive dengan tipe NTFS memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan tipe FAT.. Seperti..

  • Privilege/Permission Settings
  • Compression Feature
  • Encryption Feature
  • Disk Quota

dan masih banyak lagi.. Yang jelas, tipe file sistem ini merupakan yang paling baik (menurut saya).. Oke.. Cukup basa-basinya, langsung ke langkah-langkahnya..

Pertama, pastikan File/Folder (pada contoh ini, menggunakan sebuah Folder) yang ingin dikunci berada pada Drive dengan tipe NTFS.. Cek tipe Drive kamu dari My Computer, Klik (Select) Drive yang ingin kamu cek, dan lihat di sidebar sebelah kiri.. Di bagian Details, akan ditunjukkan apa tipe File System dari Drive kamu.. Bila NTFS, lanjut ke langkah kedua..

Kedua, pastikan kamu memiliki privilege computer-management1access sebagai Administrator, sebab, jika tidak, kamu akan sulit melakukan langkah-langkah ini.. Cara menge-cek-nya? Klik kanan My Computer, klik Manage.. Di branch Local Users and Groups, pilih folder Users, lalu Double Click User Name kamu. Klik Tab Member Of, lalu, lihat, apakah ada privilege Administrator di sana? Bila ada, lanjut ke langkah ketiga.. Bila tidak ada, klik Tombol Add, dan ketikkan Administrator, dan OK.. Bila tidak bisa.. Berarti, account kamu memang seutuhnya User biasa..

Ketiga, jika account anda telah/memang memiliki permission administrator.. Sebelumnya, cek dulu di Folder Options (Explorer), di Tab View, lihat di checkbox paling bawah yang bertulisan, “Use Simple File Sharing (Recommended)“. Hilangkan Centang (Uncheck) Checkbox tersebut. Kemudian.. sekarang, klik kanan folder yang ingin di lock tadi, pilih Properties..

Keempat, setelah keluar box Properties, pilih Tab Security, kemudian, lihat di bagian kolom Group or User Names.. Bila tidak ada username anda, klik tombol Add, kemudian, ketikkan nama User anda, dan OK..

Kelima, di bagian Permission for *ACCOUNT_NAME*, klik CheckBox FULL CONTROL – ALLOW.. Agar anda memiliki hak sepenuhnya atas folder tersebut..

Keenam, inilah inti dari artikel ini, deny-accessyaitu memblokir access Account yang tidak anda izinkan untuk melihat/memodifikasi folder anda.. Klik Account Name yang ingin anda blokir.. (Bila belum ada, ikuti langkah Keempat, untuk menambah user baru di list.. Kemudian, klik User baru tersebut.. dan centang checkbox.. FULL CONTROL – DENY. Setelah itu, OK..

Dengan begini, anda sudah memiliki Folder yang bebas dari ancaman bahaya.. Folder yang tidak akan pernah bisa di copy, cut, open, delete, dsb, bila account yang digunakan bukan account/user anda.. Okei?

Hehehe… Sekedar SideNote saja..

  • Bila ada banyak user yang ingin anda blokir, cukup ketikkan Privilege yang ingin anda blokir accessnya.. Misalnya Privilege Users.. Cukup ketikkan Users setelah anda Mengklik button Add.. Maka, semua User akan terblok accessnya, tapi pastikan dulu account anda tidak memiliki double permission, misal Administrator, lalu ada privilege User juga.. Hilangkan dulu (remove) privilege User tersebut, atau justru anda yang malah akan ikut terblokir accessnya..
  • Cara ini dapat anda aplikasikan juga pada setiap File (persyaratan di atas tetap berlaku), jadi tidak terbatas pada Folder saja.. Bisa diaplikasikan ke setiap objek yang ada di Drive NTFS..
  • Anda! Sebagai Bonus telah membaca Artikel ini, akan saya paparkan cara mengambil alih folder yang diblokir oleh orang lain, atau mungkin karena kesalahan, terblokir oleh anda sendiri.. Hehe.. :)
  1. Klik kanan folder yang ingin di unblock, di Tab Security, bila ada Account anda, rubah menjadi FULL CONTROL – ALLOW. Bila tidak ada, bahkan, list dan tombol-tombol dalam state disabled, klik tombol Advanced yang ada di bawah..
  2. Akan keluar kotak dialog Advanced Security Settings for *FOLDER_NAME*.. Nah.. Bila di situ kosong dan disabled semua, klik Tab.. Owner..
  3. Nanti di situ akan di list account admin yang diijinkan untuk meng-own folder tersebud.. Klik Account anda.. (Kalo anda memiliki Privilege Admin, pasti Bisa deh..).. Setelah dipilih.. Check (checkbox) bertuliskan.. Replace Owner on subcontainers and objects.
  4. Okeh.. Anda selesai.. Klik OK.. Dan OK Lagi.. 2 Kotak dialog tadi pasti dah ktutup smuah.. Lalu set lagi pake cara yang dah dijelasin di atas..
  5. Okeh.. Hehehehehe..

Semoga Bermanfaat!

 

* as seen on ilmuti.com : http://ilmuti.com/2011/12/16/cara-mengunci-lock-filefolder-dengan-privilege-level/ *

About these ads

11 Tanggapan to "Cara Mengunci (Lock) File/Folder Dengan Privilege Level"

mas … saya udah berhasil men {DENY} gtu full control nya n berhasil juga itu folder yg terpilih udah ga bisa di buka, nah yg jadi pertanyaan .. gimanan cara nya itu folder agar bisa saya buka lagi mas ?????

Ada skrip yang lebih mudah untuk tipe file system NTFS yaitu

@Echo Off
Cacls FolderSaya /p “%username%”:n /f|y

Dijamin folder terkunci, untuk membukanya

Cacls FolderSaya /p “%username%”:f /f|y

wah, coba dulu yaa, siapa tau bisa. ahaha. thx infonya :)

gag ngerti masss

gag ngerti di bagian manaanya?

well, cara ini emang rada advanced, jadi mesti ati ati juga mas, pakenya, kalo gag folder nya gag bisa dibuka lagi.

saya mau mengunci dokumen saya agar tidak bisa di kopi ole orang lain sebab tahun yang lalu orang lain pernah curi dokumen saya lalu di edit lagi.

@ Agostinho : dicoba aja caranya diattas.. bisa kan? :P

Saya mau file saya tidak bisa di hapus &copy ke flash disk, klo untuk open bisa… Gmn donk cara nya?

Mas,, apakah ini juga berguna untuk komputer yang di sharing. Saya bermaksud untuk membatasi user yang ingin mengakses komputer saya dengan sebuah password tentunya.

Jadi hanya user2 tertentu saja yang bisa melihat apa yang saya sering.

saya yakin Anda mengerti maksud saya..

Mohon bantuannya.

binggung…………..????????

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Like This Blog?

Even $1 Is Worthy!
[Bahkan $1 Pun Berarti!]



Please Donate If You Like This Blog..
[Donasi/Menyumbanglah pada Blog ini Jika anda menyukainya..]

About This Blog..


Anak Plegmatis-Melankolis (Bukan Autis!), yang berkeinginan untuk memiliki hidup normal dan indah..

Keinginan itu justru berujung dengan munculnya blog ini..

Guest Book | About Mee

cc -Some rights

Follow me on Twitter

Proudly Powered By :

WordPress

Google Indonesia


Blogger Indonesia


dot.tk

Blog Info

.:: Blog Visits ::.

Site Visits
~ Counts Since 26 November 2008 ~

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: