Imperial Nymph's Thrill

Cara Mengunci (Lock) Folder Dengan Folder Extensions

Posted on: November 9, 2008


Di masa-masa sekarang.. Teknologi yang semakin canggih dan maju makin memudahkan User untuk menggunakan Computer.. Namun, satu hal yang paling penting di dalam dunia maya ini adalah Privacy..

Semua orang membutuhkan Privacy untuk melindungi identitas/informasi miliknya.. Banyak User yang menyimpan file-filenya di Computer, namun (akan) dengan sangat mudah di duplikasi tana bantuan software sekalipun.. Masih mending kalau data tersebut tidak begitu penting.. Namun bagaimana dengan data/dokumen kantor?

Misalkan data kantor.. Bukankah, bila data tersebut diduplikat oleh sentuhan jari di mouse computer oleh “orang yang tak berhak”, malah akan menjadi bahaya? Karena itu, kita semua membutuhkan privacy.. Salah satunya.. Dengan mengunci (lock) folder yang terdapat di Computer kita..

Sebetulnya.. Banyak Aplikasi (software) yang dapat digunakan untuk mengunci folder di dalam Computer kita.. Bahkan dapat disertai password.. Sebut saja.. Folder Guard dari WinAbility.. atau juga.. Folder Icon dari Pear Software..

Banyak sebetulnya.. Namun, di sini, akan dijelaskan bahwa tak selamanya mengunci (lock) folder harus dengan menggunakan software.. Bisa juga dengan Folder Extensions.. Ya.. Memang akan ada beberapa kekurangan.. Namun, dengan kemudahannya, kekurangan ini semestinya tertutupi, kog..

Pertama.. dengan menggunakan Folder Extension yang sudah Windows Integrated, dengan kata lain, bisa digunakan di semua platform Windows (tested on Windows XP)

Caranya teramat sangat mudah..

lock-test-1

Cukup dengan me-rename sebuah folder dengan ditambahi extension tersebut.. Maka, folder tersebut akan otomatis terkunci.. (dalam istilah ini, folder tersebut akan berubah fungsi)

Langkah-Langkahnya, Pastikan

tak ada file terbuka dari dalam folder yang ingin di-lock.. Oke.. Misalkan.. Nama (path) folder yang ingin di-lock tersebut adalah.. C:\Lock Test

Sekarang, Rename Folder tadi dengan Extension berikut..

  • My Computer –  .{20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D}
  • Control Panel -  .{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}
  • My Network Places - .{208D2C60-3AEA-1069-A2D7-08002B30309D}
  • HTML Document - .{25336920-03F9-11CF-8FD0-00AA00686F13}
  • Recycle Bin (sering digunakan oleh malware (virus, worm, etc)) – .{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}
  • Printers –  .{2227A280-3AEA-1069-A2DE-08002B30309D}

INGAT! Setiap Extensi disini dimulai dengan Titik “.”, Open Bracket “{” dan ditutup dengan Close Bracket “}”.. Copy Paste dengan Lengkap dan benar..

Info : Cara ini Sangat berguna bagi yang memiliki File-File Rahasia, yang tidak untuk diperlihatkan, maupun di-copykan ke orang lain.. (hehehehehe..)

Oke, lanjut.. Caranya.. Rename Folder tadi dengan menambahkan salah satu Extension dari pilihan di atas.. Untuk contoh ini, saya akan menggunakan Extension dari My Computer.. (Ini yang paling bagus, menurut saya..)lock-test-2

C:\Lock Test akan menjadi C:\Lock Test.{20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D}

Enter! Dan lihat apa yang terjadi.. Coba Double-Click (Open) Folder tadi.. Pasti anda akan otomatis “nyasar” ke My Computer..

Silahkan ber-experimen dengan extension-extension di atas.. Pilih saja mana yang paling bagus menurut anda.. Hehehehehe..

Untuk membuka folder tadi kembali, cukup hapus extension nya, Enter.. Maka, Folder sudah bisa diakses seperti semula..

– Additionals –

Karena, mungkin masih beberapa orang mengalami kendala dalam Unlocking Folder yang telah berhasil di-lock.. Berikut adalah langkah-langkah mengunlocknya..

Pertama, pastikan Di Explorer – Folder Options/View, checkbox berikut bernilai seperti ini..
* Show Hidden Files And Folders = ON
* Hide Extensions For Known File Types = OFF
* Hide Protected Operating System Files (recommended) = OFF

Refresh Explorer, bila tadinya Extensi blum terlihat. Jika sudah muncul, hapus extensi mulai dari titik “.”, sampai Close Bracket “}”

Untuk hasil yang maksimal, Invert Setting Folder Options di atas menjadi..

Hide Hidden Files And Folders = ON
Hide Extensions For Known File Types = ON
Hide Protected Operating System Files (recommended) = ON

Refresh Explorer, pasti Extensi sudah tidak terlihat, sama seperti yang dialami oleh david, hehe.. Dengan begini, mempersulit user, bahkan advanced user untuk mengerti dan mempelajari cara kerja Sistem Lock ini.. Hehe.. :)

Selamat Mencoba!

 

* as seen on ilmuti.com : http://ilmuti.com/2011/12/09/cara-mengunci-lock-folder-dengan-folder-extensions/ *

41 Tanggapan to "Cara Mengunci (Lock) Folder Dengan Folder Extensions"

Great beat ! I wish to apprentice at the same time
as you amend your site, how could i subscribe for a weblog web site?
The account aided me a applicable deal. I have been tiny bit acquainted
of this your broadcast provided bright transparent concept

bos,saya udah mencoba hidden diatas dengan menggunakan cara Recycle Bin.tapi setelah 2 mingguu saya buka ga bisa direname boss .
saya mohon tolong saya boss…banyak file penting dalamnya boss..
trima kasih boss…

pas saat folder tersebut diklik kanan ga ada keluar rename boss.gmana caranya supaya bisa direname boss..ini banyak file penting dalamnya boss…tolong saya boss…
trima kasih sblumnya boss….

coba hilangkan centang pada opsi Hide Protected Operating System Files, lalu restart

boosss… kenepa file extention nya ga bisa di buka lagi padahal uadah pake tehnik explore yang di sebutin di atas… bukan apa2 file yang di folder penting2 semua… minta bantuan nya….thx

coba deh :
1.) hilangin centang hide protected system files
2.) restart komputer, atau restart explorer.exe nya kalau ngerti caranya
3.) selamat mencoba :)

bro ga bisa balik lgi nie gimana dwong

apanyaa yang gag bisaa balik?

saya dah nyoba nich??? tapi gak bisa ngambalikan?? help me? ane pake vista???

Saya juga pakai Vista tapi folder extensions bisa kog jalaan..? Coba deh diulang lagi langkah langkah nya? ^^

brow….keterangane masukin ndek my Comment on my FS ja. klik liehanwonx@ymail.com…key Q tgu sceptnya…..ok bozzzzzzzzzzzzz

brow….gimana cra ne lock+unlock my FS….biar org2 trtntu ja yg bs open or leat my FS, khususnya my coment on my FS, and PHOTO.

numpang copas ya….
lagi nyoba buat blog ney

dicoba dolo achhh,makasih GURU,ditunggu tip nya,^_^

Eits, yoyoy,.. Okeh, mr. paijoo.. ^^

mau nanya dunk boleh gk?? hhehe

cara maen game tanpa pke CD,,tpi shrusnya pke CD
gmna iia??

tlong iia ^^

@ryan
Boleh dicoba cari cracknya di google.. Heheh.. :)

gue dah coba, tapi gak bisa di rename, ektensionnya gak tampil. akhirnya coba gue buka pake linux ternyata bisa tampil ekstensionnya, trus tinggal di hapus ekstensionnya. kembali ke folder semula

saya agak gaptek nih, bos. Saya coba tuk locked folder saya, ternyata berhasil, namun setelah saya mau coba buka folder saya yg sudah di locked, tapi ngga bisa. mohon bantuannya, bos. Thank’s

trus cara Explorer – Folder Options/View, checkbox gmn.

thanks ….

@uus
Untuk explorer – folder options.. Silahkan buka menu explorer (winkey + E), lalu klik menu tools, dan pilih submenu Folder Options.
Pilih Tab View, di situ akan ada banyak checkbox maupun radiobox.

Cari dan centang checkbox yang bertuliskan
*Show Hidden Files and Folders
Hilangkan centang dari checkbox..
*Hide extensions for known file types
*Hide protected operating system files

Wah wah wah ….
keren nehhh om lock nya
udah coba tapi belum izin nehhh……..
Izin ya om gak bayar kan…. ^^

@some
Silahkan dicoba.. Jangan lupa promosikan blog ini ke teman teman yaa..

Terima kasih.. Hehehe..

thanks ya pak.

Hyoo.. Smaa smaa.. Hehe..

Makasih kunjungannya, sering sering ksini yaa.. ^^

umm,,mau tanya nih, agak melenceng dg topiknya, tapi tetep berhubungan dengan kunci-mengunci…klo misalnya mau ngunci FS (bukan profilenya) tapi pada saat login gitu gimana,,saya pernah mengalami, username Friendster yg saya masukkan udah benar, begitupun dengan passwordnya, saya yakin betul bahwa sebelumnya saya tidak pernah mengganti password saya, tapi kok kata FS nya didnt match. kata temen saya, itu di kunci.saya ga tau maksudnya di kunci itu apa dan temen saya tidak mau mengajari saya tentang cara membuka kunci itu. mungkin anda bisa membantu saya,,terimakasih sebelumnya..segera di bales yah, penting(^_^)

Yup gagpapah..

Hmm? Apa sampai skarang Account FS itu gag bisa dibuka (login)?
Wah, mungkin ada caranya tapi blum pasti juga, harus di cek dulu kebenarannya.. Alamat Email yang dipakei buat Account FS nya apa? Boleh tau?

Saya cuma mau cek ajaa metodenya.. Hehe, begitu ketemu anda langsung saya kabari.. :)

Ok
thanks ya
btw yg bnr msi 16 taun?
Hehehe…

Iyap.. Sama-sama..

Yup.. :) Masih 16 tahun asli pas nulis ni comment.. Hehehe..
Bntar lagi 17 siih.. Hehehe..

Mas,maap ni ye
kok pas pngn d apus
extension’a ttp g kliatan y wlaupun dah d set pd folder option?
Thanks

Yap, trkadang memang extensi terlihat dan kadang juga tidak terlihat, mskipun sudah di set folder option dengan benar.
Coba refresh, log off atau restart bila perlu setelah men-setting folder options dengan benar.

Smestinya extension sudah terlihat dan bisa dihapus.. Hehehe..

sip bisa. makasi ya…

Wah.. Bisa ya?

Oke, terima kasih kembali.. Hehe..
Sering sering kemari yaa..

setelah saya coba kok nda bisa di rename ke asal ya
ini saya print scren testnya

1. http://i475.photobucket.com/albums/rr113/xia_hou_dun/1-1.jpg

2. http://i475.photobucket.com/albums/rr113/xia_hou_dun/2.jpg

3. http://i475.photobucket.com/albums/rr113/xia_hou_dun/4.jpg

nah pada screen shot ke3 nama folder setelah di rename menjadi Test aja, bukan Test.{20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D} saya sudah coba untukl mengganti dengan nama laen tapi tetap saja masuk ke my computer.
bagaimana ya cara menggilangkan extensionnya

mohon petunjuknya trimakasi.

Bgini, david..
Sama2 david nih..

Pertama, pastikan Di Explorer – Folder Options/View, checkbox berikut bernilai seperti ini..
* Show Hidden Files And Folders = ON
* Hide Extensions For Known File Types = OFF
* Hide Protected Operating System Files (recommended) = OFF

Semestinya Extensi “.{20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D}” dari Test.{20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D} sudah terlihat, silahkan di delete.. Dan Refresh..
Kembalikan setting Folder Options bila perlu..

Trima kasih kembali..

Ngga apa2 kog..

Oke,, mas ariklaten..

Coba cek foldernya..

Misalnya nama foldernya Test

Berarti, bila diberi extension My Computer – .{20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D} akan menjadi..

Test.{20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D}

Coba hapus extension (.{20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D}
) mulai dari titik.. sampai habis..

Menjadi – Test

Mestinya folder sudah bisa diakses kan?

Cara unlock nya diajarin kog diatas.. Hehehe..

saya agak gaptek nih, bos. Saya coba tuk locked folder saya, ternyata berhasil, namun setelah saya mau coba buka folder saya yg sudah di locked, tapi ngga bisa. mohon bantuannya, bos. Thank’s

Hehehehh,,
Silahkan.. Silahkan..

Silahkan dicoba.. Tersedia berbagai pilihan rasa..
Mulai dari My Computer sampai Recycle Bin..

Hihi..

SideNote:
*Saya bukan “pak”, lho.. Masih 16 (waktu nulis inih..) Hihi..

nah ini yang keren pak, saya coba ya …. thanks

Berikan Balasan

Like This Blog?

Even $1 Is Worthy!
[Bahkan $1 Pun Berarti!]



Please Donate If You Like This Blog..
[Donasi/Menyumbanglah pada Blog ini Jika anda menyukainya..]

About This Blog..


Anak Plegmatis-Melankolis (Bukan Autis!), yang berkeinginan untuk memiliki hidup normal dan indah..

Keinginan itu justru berujung dengan munculnya blog ini..

Guest Book | About Mee

cc -Some rights

Follow me on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Proudly Powered By :

WordPress

Google Indonesia


Blogger Indonesia


dot.tk

Blog Info

.:: Blog Visits ::.

Site Visits
~ Counts Since 26 November 2008 ~

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

